Selasa, 10 April 2012

Soal Ujian Nasional PKN v2

Lanjutan........................................
26 . Kemungkinan yang akan terjadi apabila tidak dapat mengendalikan dini akan terjadi ........
A . persahabatan
B . perselisihan
C . kedamaian
D . kesejahteraan
27 . Pengaruh positif, apabila seseorang taat beribadah adalah ........
A . memiliki akhlak yang mulia
B . mengetahui berbagai macam ajaran agama
C . memiliki harta yang berlimpah
D . menambah penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
28 . Untuk meningkatkan kepatuhan dan ketaatan beribadah sesuai agama masing-masing, kita
harus ........
A . memperjuangkan agama yang kita anut
B . melaksanakan perintah dan larangan agama sesuai dengan situasi dan kondisi
C . giat mempelajari agama dan ikut serta dalam kegiatan sosial
D . selalu berdoa dan bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
29 . Hak dan kewajiban warga negara dalam bidang hukum diatur dalam UUD 1945 ........
A . pasal 27 ayat 1
B . pasal 27 ayat 2
C . pasal 28
D . pasal 30 ayat 1
30 . Hak asasi yang sifatnya pribadi diatur di dalam UUD 1945 ........
A . pasal 27 ayat 2
B . pasal 28
C . pasal 29 ayat 1
D . pasal 29 ayat 2
31 . Salah satu ciri orang yang peduli akan hak dan kewajiban, adalah ........
A . bertanggung jawab terhadap keselamatan bangsa
B . membiarkan hasil pembangunan
C . menerima masuknya budaya asing
D . menuntut hak yang harus kita terima
32 . Di bawah ini merupakan contoh sikap keseimbangan antara hak dan kewajiban ........
A . mengeluarkan pendapat dengan berunjuk rasa
B . kita berhak menggunakan jalan raya, dan kewajiban kita adalah mematuhi peraturan
lalu lintas.
C . membantu orang yang terkena bencana alam, agar suatu saat kita juga ada yang
membantu.
D . pemerintah mempunyai tugas mencerdaskan bangsa, dan kita wajib menyumbang
pelaksanaan pendidikan.
33 . Pelanggaran terhadap peraturan, artinya ........
A . merugikan kepentingan umum
B . menandakan bahwa kita dapat berbuat sekehendak hati
C . merugikan diri kita sendiri.
D . merugikan diri kita sendiri dan kepentingan umum
34 . Manfaat kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat bagi
diri sendiri antara lain ........
A . memberikan jalan yang menguntungkan yang mungkin timbul belakangan
B . mendapat penghargaan dan pujian dari masyarakat setempat
C . mendatangkan kepuasan batin yang tak ternilai harganya
Ebtanas/PPKN/Tahun 2004 4
Dibuat oleh invir.com, dibikin pdf oleh http://creativesimo.wordpress.com
D . mendatangkan kepercayaan dari masyarakat sekitar
35 . Salah satu tindakan positif seorang siswa yang tahu tentang kedudukan hukum, ialah ........
A . tahu tentang hukum tata negara
B . masuk menjadi anggota ABRI
C . turut serta dalam berbagai kegiatan
D . menaati peraturan lalu lintas.
36 . Manfaat ditumbuhkannya kesadaran hukum dalam masyarakat, adalah ........
A . terbina kebahagiaan keluarga
B . tercipta ketenteraman hidup bermasyarakat
C . terciptanya kesejahteraan masyarakat
D . terjamin kebebasan yang mutlak
37 . Pengertian keadilan sosial adalah keadilan yang ........
A . merata di dalam berbagai bidang kehidupan
B . berlaku di segala bidang
C . berlaku di segala bidang kehidupan, baik material maupun spiritual yang dapat
dinikmati oleh seluruh rakyat secara merata berdasarkan asas kekeluargaan
D . harus dinikmati oleh seluruh bangsa, dan tidak berat sebelah
38 . Makna keadilan sosial dalam bidang pendidikan dan pengajaran adalah ........
A . memperoleh pendidikan sesuai dengan kemauan dan kemampuan
B . adanya kesempatan belajar bagi siapa saja tanpa perbedaan
C . terdapatnya kesempatan pendidikan bagi siapa raja yang berkeinginan
D . memberikan kesempatan kepada mereka yang belum memperoleh pendidikan
39 . Salah satu sikap membina dan menegakkan rasa keadilan, adalah ........
A . pemeliharaan kesehatan dan pendidikan
B . masyarakat tidak main hakim sendiri
C . warganegara dapat menikmati kebudayaan
D . rakyat dapat mengembangkan kebudayaan.
40 . Contoh sikap perilaku yang mencerminkan nilai keadilan di lingkungan sekolah
adalah ........
A . bekerja bersama masyarakat dalam pembangunan
B . suka bekerja keras, hormat dan patuh pada orang tua
C . giat belajar, dan menabung
D . memberikan bea siswa pada siswa yang berbakat.
41 . Aspek historis yang melandasi kerukunan antar umat beragama, adalah ........
A . persamaan nasib dan cita-cita
B . mendiami wilayah yang sama
C . karena satu bangsa
D . karena persamaan bahasa
42 . Bukti bahwa kerukunan antar umat beragama sudah ada sejak zaman Majapahit, adalah
dapat hidup ....
A . berdampingan antar pemeluk agama Hindu dan Budha
B . berdampingan antara pemeluk agama Budha dan Hindu Syiwa
C . rukun antara pemeluk agama Islam dan agama Hindu
D . berdampingan antara umat Islam dengan penganut kepercayaan
43 . Tri kerukunan hidup beragama meliputi hal-hal di bawah ini, kecuali ........
A . antar umat beragama dengan pemerintah
B . antara pemerintah dengan luar negeri
C . sesama umat beragama
D . antar umat beragama
44 . Berikut ini merupakan cara-cara untuk mengembangkan sikap rukun antar umat beragama,
kecuali ........
A . tidak menghina agama dan kepercayaan orang lain
B . mendalami agama yang kita yakini
C . bersikap fanatik pada agama sendiri
D . mengembangkan sikap toleransi antar umat beragama
45 . Negara Kesatuan Republik Indonesia menentukan urusannya sendiri, baik ke dalam
maupun keluar, sehingga hal ini disebut sebagai negara ........
A . Kesatuan
B . Berdaulat
C . Demokrasi
D . Berkuasa penuh
46 . Perbedaan kedaulatan raja dengan kedaulatan rakyat, di antaranya adalah ........
A . kepala negara dalam kedaulatan raja berdasarkan keturunan, sedangkan kedaulatan rakyat kepala negara dipilih oleh rakyat
B . dalam kedaulatan raja kepala negara berkuasa seumur hidup, sedang dalam kedaulatan rakyat kepala negara kekuasaannya tidak terbatas
C . kedaulatan raja berdasarkan umur, sedangkan kedaulatan rakyat berdasarkan
keturunan
D . kedaulatan raja berbentuk kerajaan sedangkan kedaulatan rakyat berbentuk absolut
47 . Kedaulatan yang dianut oleh negara kita, adalah kedaulatan ........
A . Raja dan Negara
B . Tuhan dan Rakyat
C . Hukum dan Tuhan
D . Rakyat dan Hukum
48 . Kekuasaan negara untuk mengatur dan menentukan nasib rakyatnya disebut
kedaulatan ........
A . ke luar
B . ke dalam
C . rakyat
D . negara
49 . Pengertian kesanggupan diri adalah ........
A . kesediaan untuk melakukan sesuatu
B . sikap yang menunjukkan kesediaan untuk melakukan sesuatu sesuai dengan
kemampuan yang dimiliki
C . kemampuan kita untuk melakukan sesuatu
D . mencurahkan tenaga dan pikiran untuk menyelesaikan pekerjaan
50 . Modal dasar pembangunan, di antaranya adalah ........
A . sumber daya alam yang beraneka ragam
B . jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa
C . wilayah yang bercirikan kepulauan dan kedaulatan
D . kedudukan dan sosial budaya
51 . Di bawah ini adalah salah satu contoh yang menunjukkan sikap kesanggupan diri,
kecuali ........
A . disiplin
B . bekerja keras
C . bersemangat
D . cepat putus asa
52 . Peran serta kita dalam pelaksanaan pembangunan di lingkungan masyarakat, ialah .....
A . membangun sekolah bersama masyarakat
B . menjaga nama baik keluarga
C . mempertahankan dan menjaga martabat bangsa
D . gemar menabung
53 . Makna pelaksanaan Pemilu yang jurdil bertujuan untuk memilih ........
A . wakil-wakil rakyat
B . anggota KPU
C . partai politik
D . penyelenggara pemerintahan
54 . Peran serta siswa SLTP dalam pelaksanaan Pemilu, adalah ........
A . ikut dalam penghitungan suara
B . mewakili orang lain dalam memberikan suaranya
C . menjaga keamanan dan ketertiban jalannya Pemilu
D . ikut menentukan jalannya Pemilu
55 . Setiap warga negara dalam Pemilu bebas menentukan pilihannya, hal ini sejalan dengan
asas ........
A . jurdil
B . langsung
C . bebas
D . rahasia
56 . Peran serta warga negara dalam pembangunan ekonomi yang sejalan dengan pasal 33 ayat
1 UUD 1945 adalah ........
A . membuka toko pribadi
B . mengikuti arisan di lingkungan masyarakat
C . menjadi anggota partai
D . menjadi anggota koperasi
57 . Monopoli dalam sistem perekonomian di negara kita harus dicegah, kecuali ........
A . menciptakan perekonomian tidak stabil
B . menimbulkan kesenjangan sosial di masyarakat
C . menambah kemiskinan dan pengangguran
D . menimbulkan ketergantungan kepada negara lain
58 . Sistem perekonomian yang tidak sejalan dengan pasal 33 ayat I UUD 1945, adalah ...
A . berdirinya 3PR
B . berdirinya Bank Muamalat
C . adanya Kantor Perdagangan Negara
D . berdirinya Kantor Perbendaharaan Negara
59 . Pemerintah untuk memberantas sistem ijon, rentenir, dan lintah dapat, dengan cara ....
A . mendirikan BUUD dan KUD
B . mendirikan bank dan pertokoan
C . memberdayakan bank keliling
D . mendirikan pasar
60 . Warga negara yang tidak mempunyai hak pilih dalam Pemilu, adalah ........
A . sudah menikah
B . berumur 17 tahun ke atas
C . terdaftar dalam daftar pemilih
D . sedang terganggu ingatannya

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Blog PKN - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz