Kamis, 12 April 2012

soal ulanga PKN kelas xii sma

26 . Salah satu contoh yang mencerminkan kebersihan dan kerapian adalah ........
A . memelihara kebun sekolah
B . menggunakan minyak wangi
C . mengenakan seragam setiap hari
D . berpakaian secara sederhana
27 . Manfaat yang dirasakan apabila selalu berusaha menjaga harga diri dalam pergaulan,
diantaranya adalah ........
A . orang akan menghargai kita sekalipun bersalah
B . terhindar dari penilaian jelek orang lain
C . setiap perkataan akan dipercaya orang lain
D . kita dihargai sebagaimana mestinya
28 . Sikap rela berkorban dalam pelaksanaan pembangunan adalah ........
A . meringankan biaya pembangunan
B . meningkatkan mutu pembangunan
C . mempercepat hasil pembangunan
D . membantu pelaksanaan pembangunan
29 . Contoh sikap rela berkorban dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
adalah........
A . mengecilkan bunyi televisi karena ada yang sakit
B . membersihkan pekarangan rumah dengan ikhlas
C . memberi uang jajan kepada anak dengan ikhlas
D . memberikan sebagian uang jajan kepada pengemis
30 . Sikap rela berkorban warga negara untuk kepentingan bangsa dan negara terdorong oleh
keinginan untuk ........
A . memperkuat persatuan dan kesatuan
B . mempertahankan kedaulatan bangsa
C . meningkatkan perekonomian negara
D . menjaga pertahanan dan keamanan negara
31 . Alasan pentingnya sikap disiplin dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari, agar ........
A . tidak ada masalah yang dihadapi dalam kehidupan
B . tercipta suasana kehidupan yang teratur dan tertib
C . hidup tenang dalam menghadapi berbagai masalah
D . hidup dihargai sebagai orang yang memiliki disiplin
32 . Pentingnya sikap disiplin dalam kehidupan sehari hari di lingkungan sekolah agar ........
A . semua kepentingan siswa terjamin
B . tidak terganggu kegiatan belajar mengajar
C . sekolah menjadi pusat kegiatan belajar
D . tidak ada permasalahan yang berarti
33 . Bila di sekolah tidak terwujud kedisiplinan, maka ........
A . kegiatan belajar mengajar terganggu
B . menimbulkan kegelisahan orang tua
C . prestasi siswa Akan menurun
D . sering terjadi perkelahian pelajar
34 . Dalam kehidupan bersama kita harus mengendalikan diri.
Hal ini sangat penting untuk ........
A . menjaga keharmonisan hubungan
B . mempererat hubungan pergaulan
C . meningkatkan kewibawaan
D . meningkatkan rasa percaya diri
35 . Contoh pengendalian diri dalam pergaulan di sekolah adalah ........
A . membicarakan.kesalahan teman
B . menegur teman yang bersalah
C . mendiamkan kesalahan teman
D . berbicara dengan teman seperlunya
36 . Manfaat pengendalian diri dalam pergaulan di sekolah ialah ........
A . meningkatkan semangat belajar
B . menghindari terjadi perkelahian
C . memajukan prestasi sekolah
D . memperkuat persatuan kesatuan
37 . Contoh perbuatan yang sesuai dengan norma hukum yang berlaku adalah ........
A . membunyikan bel di depan rumah sakit
B . selalu mendahului kendaraan yang lain
C . berjalan di atas trotoar bagi pejalan kaki
D . memberhentikan kendaraan di atas jembatan
38 . Tujuan ditegakkannya hukum bagi warga negara adalah ........
A . terhindar dari perbuatan sewenang-wenang
B . terwujud keamanan dan ketertiban
C . melaksanakan kehidupan bermasyarakat
D . ikut berpartisipasi dalam pembangunan
39 . Akibat yang dapat timbul jika tidak mematuhi peraturan yang berlaku adalah ........
A . warga masyarakat hidup dalam ketakutan
B . anarki dan ketidaktentraman hidup
C . meresahkan warga dalam hidup sehari hari
D . ketidakseimbangan lahiriah dan batiniah
40 . Contoh perbuatan mana yang menggambarkan keadilan?
A . Seorang direktur memberi tugas bawahan sesuai pengalamannya.
B . Seorang pemimpin organisasi memberi kebebasan pada anggotanya.
C . Seorang pengusaha memberi upah karyawan sesuai pengabdiannya.
D . Seorang artis bergaul dengan memandang status sosial seseorang.
41 . Akibat perbuatan tidak adil dalam masyarakat ialah ........
A . akan selalu merugikan yang lemah dan yang miskin
B . selalu menguntungkan orang yang mampu dan kuat
C . pembangunan tersendat dan stabilitas nasional terganggu
D . ada upaya menghindari ketidakadilan demi masyarakat
42 . Manfaat yang dirasakan dalam memelihara kerukunan hidup antarumat beragama di
lingkungan sekolah adalah ........
Dibuat oleh invir.com, dibikin pdf oleh http://creativesimo.wordpress.com
A . menciptakan suasana tenang dalam belajar
B . mengerjakan soal ulangan secara bersama
C . menambah pengalaman dalam pergaulan
D . disegani teman dan guru yang mengajar
43 . Apabila kerukunan hidup antarumat beragama dapat terwujud dengan baik, maka
akan........
A . tercipta suasana khusuk dalam beribadah
B . mempererat persahabatan antarwarga
C . terjamin keamanan di lingkungan sekitar
D . menyadarkan warga akan hak dan kewajibannya
44 . Pemerintah berhak mengatur segala kepentingan rakyat melalui berbagai lembaga negara
dan perangkat lainnya. Hal ini sesuai dengan pengertian ........
A . kedaulatan Tuhan
B . kedaulatan ke luar
C . kedaulatan ke dalam
D . kedaulatan rakyat
45 . Kedaulatan yang dianut negara Republik Indonesia adalah ........
A . kedaulatan negara
B . kedaulatan hukum
C . kedaulatan tertinggi
D . kedaulatan rakyat
46 . Salah satu sistem pemerintahan negara Republik Indonesia menurut UUD 1945
adalah........
A . Indonesia negara kesatuan yang berbentuk republik
B . Indonesia merupakan negara yang memiliki norma
C . rakyat merupakan sumber aspirasi kedaulatan
D . kekuasaan kepala negara tidak tak terbatas
47 . Alasan MPR perlu mengadakan sidang istimewa, apabila presiden ........
A . tidak mampu menyelesaikan masalah
B . mengundurkan diri dari jabatan
C . melanggar haluan negara
D . cacat berhalangan tetap
48 . Perhatikan pernyataan di bawah ini !
I. 1. Mengembangkan bakat.
2. Melatih jiwa kepemimpinan.
II. 1. Melatih mengambil keputusan.
2. Melatih diri bermusyawarah.
III. 1. Belajar bertanggungjawab.
2. Belajar menyalurkan aspirasi.
IV. 1. Menunjukkan kemampuannya pada orang lain.
2. Kesempatan memperoleh penghargaan.
Pernyataan di atas. yang tidak termasuk pentingnya berorganisasi adalah ........
A . IV
B . III
C . II
D . I
49 . Lembaga penyalur aspirasi masyarakat dalam organisasi sosial yang bertujuan untuk
menyatukan misi pendidikan adalah ........
A . GNOTA
B . MKKS
C . PGRI
D . OSIS
50 . Kedudukan para menteri dalam kabinet presidensial adalah ........
A . sebagai petinggi negara yang melaksanakan pemerintahan
B . kepala departemen yang bertanggung jawab di departemen
C . pembantu presiden dan bertanggung jawab kepada presiden
D . anggota kabinet Persatuan Nasional yang diangkat oleh presiden
51 . Kedudukan MPR menurut UUD 1945 adalah ........
A . mengangkat presiden dan wakil presiden
B . penyelenggara kekuasaan negara yang tertinggi
C . pemegang kedaulatan yang tertinggi dalam negara
D . kekuasaannya tidak tak terbatas
52 . Contoh hak DPR untuk minta keterangan kepada Presiden sehubungan dengan tindakan
Pemerintah dalam pelaksanaan undang-undang ialah....
A . hak petisi
B . hak angket
C . hak bertanya
D . hak interpelasi
53 . Kemampuan dan kesediaan menjadi pelaku pembangunan untuk mengantarkan
keberhasilan yang sesuai dengan tujuan, adalah pengertian ........
A . kesetiaan
B . ketaatan
C . kesanggupan
D . kepatuhan
54 . Partisipasi siswa dalam pembangunan nasional dapat diwujudkan dengan ........
A . membantu teman yang kesulitan belajar
B . membuat perencanaan kegiatan belajar
C . mengerjakan PR dari guru dengan baik
D . menciptakan suasana yang tertib dan aman
55 . Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. warga negara Republik Indonesia.
2. berumur 17 tahun atau sudah kawin.
3. memiliki tempat tinggal tetap.
4. diajukan oleh parpol peserta pemilu.
5. sudah terdaftar dalam daftar pemilih.
Yang merupakan persyaratan untuk memilih dalam pemilu adalah ........
A . 1, 2, dan 3
B . 1, 2, dan 5
C . 2, 3, dan 4
D . 2, 4, dan 5
56 . Pemilihan umum tahun 1999 adalah pemilihan anggota DPR/MPR yang merupakan
realisasi kedaulatan rakyat. Asas-asas pemilihan umum tersebut adalah ........
A . langsung; umum, bebas, dan rahasia
B . umum, langsung, bebas, rahasia, dan adil
C . langsung, umum, bebas, jujur, dan rahasia
D . langsung, umum, bebas. rahasia, jujur, dan adil
57 . Contoh perwujudan demokrasi dalam kegiatan sehari hari ialah ........
A . rembug desa atau rapat RT untuk mencapai tujuan bersama
B . kebebasan menggunakan barang-barang produk dalam negeri
C . kebebasan bersaing untuk memperoleh prestasi belajar
D . bebas mengadakan hubungan kerjasama dengan tetangga
58 . Asas yang dipakai koperasi di Indonesia adalah ........
A . merupakan usaha bersama para anggota dan hasilnya dinikmati bersama
B . memberikan kebebasan kepada anggota untuk menentukan besarnya hasil
C . menyertakan hak istimewa kepada anggota berdasarkan hasil yang dicapai
D . memberikan hak istimewa kepada pengurus tanpa membedakan jasa
59 . Perwujudan sikap warga negara Indonesia yang diharapkan dapat memajukan koperasi
adalah ........
A . berupaya ikut memilih lembaga koperasi
B . mengikutsertakan koperasi dalam pameran
C . menjual barang-barang koperasi untuk umum
D . membeli kebutuhan sehari-hari di koperasi
60 . Hal yang harus dihindari dalam pengembangan demokrasi ekonomi Indonesia adalah ......
A . sistem monopoli bagi suatu perusahaan
B . sistem perdagangan yang bebas terpadu
C . sistem bagi hasil dalam perdagangan
D . sistem usaha bersama dalam setiap perdagangan

0 komentar:

Poskan Komentar

Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Blog PKN - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz